Sunday, August 24, 2014

Surat untuk presiden

 



Tepus, 24 Agustus 2014

Yth. Bapak Ir. H. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Di – tempat

Dengan hormat,
Bersama surat ini saya hendak menyampaikan harapan saya kepada bapak berkenaan dengan bidang ekonomi di Indonesia pada masa jabatan bapak
kelak.
Seperti yang telah kita ketahui tentang wacana Indonesia Emas pada tahun 2020, yang menjadi pokok persoalan di sini adalah Indonesia Emas khususnya di bidang ekonomi. Oleh karena itu, saya sangat berharap pada masa jabatan Bapak kelak para pemilik UKM mendapat perhatian atau bahkan diperhatikan secara khusus. Para pemilik UKM hendaknya diberi solusi mengenai pinjaman sebagai tambahan modal usaha yang sumber dananya berasal dari kas Negara tanpa membayar bunga pada saat mengangsur. Sehingga para peminjam dapat mengembangkan usahanya tanpa harus kebingungan untuk mencari pinjaman dengan bunga rendah, dan laju perekonomian mereka akan segera meningkat.
Saya menyoroti para pemilik UKM karena saya menganggap bahwa merekalah yang bisa berperan penting dalam mewujudkan Indonesia Emas. Karena untuk mewujudkan Indonesia Emas bukan hanya mengenai pendapatan di kalangan atas saja, tetapi juga berkaitan dengan berkurangnya angka pengangguran dan kemiskinan. Saya berpendapat bahwa para pemilik UKM akan mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang banyak, dan mereka akan menjadikan karyawan tersebut sebagai karyawan tetap karena biasanya mereka menganut asas kekeluargaan. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan industri yang besar, mereka cenderung berfikir bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar dan hanya merekrut pegawai dengan sistem  kontrak. Tentunya kita sendiri sudah tahu betapa sulitnya bekerja di bawah ketidak pastian mengenai nasib kita ke depan karena hanya mengandalkan sistem kerja kontrak.
Selain hal tersebut, saya juga berpendapat bahwa beasiswa seharusnya tidak hanya diberikan kepada mahasiswa atau siswa yang berprestasi di bidang akademik dan tidak mampu saja, namun juga harus ada beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa atau siswa yang memiliki prestasi dalam bidang usaha. Karena bagaimanapun yang dibutuhkan oleh Indonesia bukan hanya orang pandai di bidang akademik saja, tapi juga orang-orang yang pandai memanfaatkan peluang di sekitar lingkungannya untuk melakukan usaha sampingan ketika ia kuliah atau sekolah. Banyak fakta di lapangan beasiswa miskin tidak tepat sasaran, dan justru seorang yang mengerjakan usaha sampingan ketika sekolah untuk melanjutkan sekolahnya tidak diperhatikan hanya karena orang tersebut tidak berprestasi di bidang akademik. Padahal orang tersebut adalah salah satu bagian penting yang mampu menaikkan pendapatan perkapita di Indonesia dengan cara mengerjakan pekerjaan sampingan hanya demi melanjutkan sekolahnya.
Saya rasa demikian harapan saya terhadap perekoomian Indonesia  semasa jabatan Bapak sebagai Presiden Republik Indonesia. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Nurul Fauzi

No comments:
Write comments

Tertarik dengan layanan kami?
Dapatkan selalu informasi terbaru !